Wisata Kabupaten Sleman - info wisata yogyakarta
Headlines News :

Penunjuk Waktu

Home » » Wisata Kabupaten Sleman

Wisata Kabupaten Sleman

Written By Unknown on Monday, February 17, 2014 | Monday, February 17, 2014

Kabupaten Sleman adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukota kabupaten ini adalah Sleman. Sleman dikenal sebagai asal buah salak pondoh. Berbagai perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta sebenarnya secara administratif terletak di wilayah kabupaten ini, di antaranya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Lokasi dan Batas Wilayah

Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di utara dan timur, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat. Pusat pemerintahan di Kecamatan Sleman, yang berada di jalur utama antara Yogyakarta - Semarang.

Kondisi Geografis

Bagian utara kabupaten ini merupakan pegunungan, dengan puncaknya Gunung Merapi di perbatasan dengan Jawa Tengah, salah satu gunung berapi aktif yang paling berbahaya di Pulau Jawa. Sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah yang subur. Di antara sungai-sungai besar yang melintasi kabupaten ini adalah Kali Progo (membatasi kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulon Progo), Kali Code, dan Kali Tapus.

Dengan Pendapatan Asli Daerah Rp. 52.978.731.000,- (2005) Kabupaten Sleman merupakan kabupaten terkaya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Kabupaten Sleman


Gunung merapi adalah salah satu gunung paling aktif didunia,mungkin waktu meletus belum lama ini itu disebut kiyamat sughro/kiyamat kecil.Sungguh menakutkan ketika gunung merapi sedang aktif.
Karena sangat berresiko maka aktivitas pengunjung di Taman Gunung Merapi tergantung pada pemerintah daerah. 
Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. 
Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.Selanjutnya:

3.Situs Ratu Baka 

 Situs Ratu Baka (Bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Luas keseluruhan komplek adalah sekitar 25 ha.
Selanjutnya:


4.Wisata Candi Kimpulan

 Candi kimpulan ditemukan didusun kimpulan, Umbulmartani, ngemplak, sleman Jumat, 11 Desember 2009, Pukul 10.00 wib dikedalaman 270 cm bersebelahan dengan sungai klanduan.Ini sesuai konsep dimana candi didirikan  berdekatan dengan sumber air atau sungai sebagai unsur yang mensucikan.kegiatan Ekskavasi penyelamatan selama 35 hari dari 19/12/09-30/1/09 seluas 24x 24 m oleh tim BP3 Yogyakarta/balai pelestarian peninggalan purbakala yogyakarta.Selanjutnya:





Share this article :

0 komentar:


lazada indonesia
   

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. info wisata yogyakarta - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template