Wisata Merapi - info wisata yogyakarta
Headlines News :

Penunjuk Waktu

Home » » Wisata Merapi

Wisata Merapi

Written By Unknown on Tuesday, February 12, 2013 | Tuesday, February 12, 2013

info wisata yogyakarta 


Gunung merapi adalah salah satu gunung paling aktif didunia,mungkin waktu meletus belum lama ini itu disebut kiyamat sughro/kiyamat kecil.Sungguh menakutkan ketika gunung merapi sedang aktif.

Karena sangat berresiko maka aktivitas pengunjung di Taman Gunung Merapi tergantung pada pemerintah daerah. Dilarang mengabaikan peringatan dari pemerintah daerah ataupun pergi sendiri.
Taman Nasional didirikan pada tahun 2004 dengan luas sekitar 6.410 hektar (64 km persegi) pada ketinggian 600-2968 meter di atas permukaan laut. Taman Nasional Gunung Merapi sebagian besar tertutup oleh hutan pegunungan tropis. Di taman hidup banyak spesies kehidupan liar seperti:Macan tutul, babi hutan, rusa, elang dan beberapa jenis ular.
Di pulau Jawa gunung Merapi adalah tempat sakral dan setiap tahun pada hari ulang tahun penobatan Sultan Yogyakarta diselengarakan upacara persembahan. Gunung Merapi merupakan bagian dari pusat sakral penghubung antar utara dan selatan yang menghubungkan para roh Merapi dengan Sultan Yogyakarta dan Ratu Nyi Roro Kidul dari Samudera Selatan.
Mendaki gunung dapat dilakukan dari arah selatan dan arah utara tetapi hanya dari arah utara kamu bisa mencapai kawah, bawalah panduan atau mintalah seorang pemandu jika kamu berencana untuk mendaki sampai ke kawah.

Ketika saya KKN saya sempat naik ke deles yaitu kawasan klaten yang dekat dengan lereng merapi.

Wisata alam deles indah berada dikaki gunung merapi sebelah timur sekitar 25 km dari kota Klaten dan masuk wilayah desa Sidorejom, kecamatan kemalang,  Klaten pada ketinggian antara 800 m sampai dengan 1300 m diatas permukaan laut. Dari ketinggian wisata deles indah ini, dapat disaksikan pemandangan gunung merapi yang sangat indah dengan puncaknya yang sangat jelas alur aliran awan panas, serta pemandangan indah bekas pesanggrahan Pakoebuwono X, makam kyai Mloyopati, Sendang reno, taman pring cendani dan goa sapuangin.
    Akses ke Tempat wisata Deles Indah dari kota yogyakarta sekitar 45 km kearah timur, dan sesampainya di pabrik Gula Gondang, jogonalan, Klaten,  anda bisa berbelok kekiri dan ikuti petunjuk jalan yang ada. Jika anda menginginkan keindahan mentari pagi yang menghiasi gunung merapi dengan semburat merahnya maka anda harus berada di tempat ini mulai jam 4 pagi. Perjalanan untuk menuju spot dimana kita dapat menikmati mentari pagi sebagian jalan harus kita lalui dengan cara treking atau pendakian, disepanjang jalur pendakian  kita dapat menyaksikan bekas erupsi merapi 2010. Perjalanan yang kita tempuh lebih kurang 30 menit, walalupun medan cukup, berat namun itu semua akan terbayar oleh keindahan yang kita dapat yakni pemandangan kota klaten dan Sleman serta puncak merapi yang sangat jelas terlihat dan juga terbitnya matahari yang memancarkan keelokan tersendiri dengan semburat merahnya mulai mengintip puncak merapi.


Yang menjadi persoalan di Tempat wisata ini adalah fasilitas sumber air yang agak sulit, sehingga kawasan wisata ini agak sepi karena para pelaku bisnis enggan untuk membuka peluang usaha ditempat ini, bukan tidak mungkin lama kelamaan tempat wisata ini akan mengalami tempat wisata yang mati karena minimnya pengunjung. Namun jika pihak pengelola dalam hal ini Taman  Nasional Gunung Merapi bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga Pemerintah Kabupaten Klaten dapat mencari solusi akan persoalan ini maka obyek wisata ini yang sudah didukung keindahan alamnya  akan menjadi obyek wisata alam yang sangat menarik dan tentu saja akan meningkatkan Penadapat Asli Daerah  bagi pemerintah setempat.
Untuk menikmati keindahan wisata alam Deles indah ini anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 + bekal minuman dan makanan untuk anda sendiri.Informasi selengkapnya klik "disini"




Share this article :

0 komentar:


lazada indonesia
   

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. info wisata yogyakarta - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template